Pages

Jumat, 07 Maret 2014

Penyakit pada ikan Oscar

Penyakit pada ikan oscar
Quote:Quote:
Yang paling umum ini adalah lubang di kepala, atau HITH. HITH dapat berkembang cepat jika tidak diobati, dan sering fatal jika mencapai tahap akhir tanpa tindakan.

Gejala
HITH ditandai oleh awal yang kecil, lesi bulat di wajah ikan, yang terkena dampak biasanya, pada bagian insang dan mulut. Sebagai perkembangan penyakit, lesi menjadi lebih besar dan menyatu, akhirnya berkembang menjadi lubang menganga di kepala ikan dan garis lateral. Ikan juga bisa menjadi lesu dan tidak nafsu makan.

Penyebab
Penyakit ini hampir selalu disebabkan oleh kondisi air standar atau kualitas makanan. Beberapa studi menunjukkan itu adalah mirip dengan penyakit kudis pada manusia, suatu kondisi yang berkembang setelah kekurangan vitamin berkepanjangan, namun kemungkinan kombinasi dari faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit, dan terdapat pengaruh pada jumlah ikan yang ada dalam satu wadah (bila terlalu banyak menyebabkan kualitas air rendah dan stres tinggi).

Pengobatan
Pengobatan HITH harus dimulai dengan perubahan 30 persen air dilakukan setiap tiga hari, dalam kombinasi dengan kualitas makanan yang meningkat, seperti pengenalan pelet Cichlid seimbang. Jika penyakit telah berkembang ke stadium lanjut, metronidazol dapat membantu mengobati infeksi sekunder.

Pencegahan
HITH mudah dicegah dengan menjaga kualitas air yang baik dan menawarkan diet yang seimbang, terdiri dari kedua pelet atau makanan beku atau hidup. sering uji parameter air untuk memastikan bahwa amonia, nitrat dan nitrit semua tinggal 0 ppm. Berikan banyak ikan anda ruang untuk berenang dan banyak tempat persembunyian untuk mematahkan garis pandang antara ikan di dalam tangki.

Kondisi lain
Penyakit yang sering di jumpai seperti infeksi jamur. Ikan dengan infeksi jamur harus segera dikarantina untuk menghindari penyebaran penyakit antara ikan.

0 komentar:

Posting Komentar